Modal KTP Saja, Warga Siak Tidak Mampu Sudah Bisa Berobat Gratis


KOTO GASIB–Per tanggal 1 Oktober2023 mendatang, seluruh warga Kabupaten Siak akan mendapatkan layanan kesehatan secara gratis melalui program Universal Healt Coverage (UHC).

Hal tersebut di sampaikan Wakil Bupati Siak Husni Merza, saat Bual-bual ngopi bersama Bupati dan Wakil Bupati Siak agenda rutin Bujang Kampung, berlangsung di kampung Sri Gemilang, Koto Gasib, Jum’at, (29/9/2023).

“Mulai 1 Oktober mendatang, seluruh masyarakat kabupaten Siak sudah tercover dengan BPJS kesehatan, berobat tak payah bawa kartu BPJS lagi, bawa KTP saja Puskesmas dan Rumah Sakit, sudah bisa berobat gratis,”kata dia.

Universal Healt Coverage (UHC) atau jaminan kesehatan semesta, merupakan program pemerintah pusat, yang bertujuan menjamin semua orang memiliki akses kepada layanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif yang dibutuhkan masyarakat secara gratis.

“Makanya, program bujang kampung ini, kami ingin memastikan warga sudah punya KTP semua. Jika belum datang lah, ke meja layanan Bujang Kampung buat. Ada KTP Siak bisa berobat, tapi KTP Siak ya, bukan KTP daerah lain,”sebutnya.

Husni berharap BPJS kesehatan yang di tanggung Pemda bagi warga yang tak mampu, sementara warga yang mampu disarankan membayar sendiri.

“Pemerintah Daerah hanya menanggung warga yang tidak mampu, yang mampu bisa mandiri. Sebagai informasi, tahun 2023 ini, Pemda Provinsi Riau menargetkan seluruh warga Riau sudah di jamin oleh BPJS kesehatan,”terangnya.

Ia mendesak warga Sri Gemilang yang belum memiliki KTP segera mengurus nya, dan lengkapi data, Disdukcapil akan memproses satu hari siap.

“Tapi pesan sayo satu, jangan niatkan nak berobat pakai KTP. Kalau itu bapak niatkan sama halnya bapak berdoa untuk sakit. Mintalah bagaimana kita sehat, gunakan saat kita memang butuh untuk berobat,”singkatnya dalam logat melayu.

Baca Juga  Lagi, Pelayanan Perizinan Siak Terbaik Nasional.

Terkait berapa total anggaran yang di siapkan pemerintah daerah, mengcover jaminan kesehatan masyarakat, se-kabupaten Siak tahun 2023, tim mc sudah menanyakan kadis kesehatan melalui pesan whatsaap, namun belum di balas (red).

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *